Skip to content
Home » Blog » 5 Peran Konsultan ISO 27001 Dalam Era Digital

5 Peran Konsultan ISO 27001 Dalam Era Digital

  • by

Masih ingat dengan istilah “konsultan ISO?”, ya mereka adalah orang yang profesional dan memahami dengan baik standardisiasi secara internasional. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tenaga konsultan yang sepertinya sangat dibutuhkan pada era digital. Secara umum masyarakat luar negeri sendiri sering menyebutnya sebagai ISMS (Information Security Management System). Ini adalah sistem yang disusun secara teratur untuk membuat lingkungan digital yang nyaman, aman, dan terjaga. Ya, hal yang dimaksud adalah data-data baik dari perusahaan itu sendiri atau pun data klien. Orang yang memberikan penjelasan dan memaparkan standardisasinya dinamakan konsultan ISO 27001.

Ya, Anda tidak bisa memperoleh sertifikasi dan menerapkan sistem secara independen. Mengingat tingkat kesulitan audit dan perencanaan yang biasanya hanya di pahami oleh para konsultan yang sudah benar-benar berpengalaman di bidangnya. Jika melihat perusahaan luar negeri, mayoritas sudah mengantongi sertifikasi ini terlebih lagi corporate multi nasional yang biasanya jangkauan kliennya lebih mendunia.

Untuk mengetahui lebih jauh peran dari konsultan ISO 27001, admin akan berusaha menjelaskannya secara mendetail di bagian bawah. Silahkan simak baik-baik.

1.Konsultan ISO 27001 Menjelaskan Standardisasi Manajemen Data

Hal pertama yang perlu di ketahui adalah konsultan ISO 27001 mempunyai peran menjelaskan dan menjabarkan sistem standardisasi manajemen data. Karena sudah menempuh pendidikan tinggi khusus, jadi hal ini adalah hal yang mudah. Penyampaian informasi ini bisa dilakukan online ataupun offline langsung ke kantor. Untuk metode-nya sendiri juga bervariasi, salah satunya adalah melalui layanan konsultasi.

Selain itu, terkadang bisa juga melalui presentasi secara khusus. Dalam hal ini kemampuan komunikasi dan interaksi yang baik sangat di butuhkan. Oleh karena itu tidak banyak yang mampu menjadi konsultan ISO. Adapun beberapa hal yang di jelaskan antara lain:

  • Menjelaskan seperti apa sistem keamanan data yang baik
  • Menjabarkan tantangan di bidang ini
  • Memberikan contoh real penerapan sistem ISO 27001
  • Dan lain sebagainya

2.Menganalisis Kesiapan Perusahaan Dalam Menerapkan Standar Ini

Penerapan sistem itu tidak semudah yang di bayangkan. Ya, masih banyak yang belum memahami hal ini, sehingga mengganggap sertifikasi ISO 27001 dan mekanisme-nya bisa langsung efektif dalam satu atau dua minggu. Sebelum di terapkan, konsultan mempunyai peran untuk menganalisis tingkat kesiapan dari perusahaan. Apabila masih terlalu banyak hal yang perlu di perbaiki, maka tidak bisa di lakukan audit langsung. Perlu disesuaikan terlebih dahulu, mulai dari kebijakan dan regulasinya.

3.Konsultan ISO 27001 Mendokumentasi Penerapan Sistem

Disinilah beberapa hal menjadi semakin kompleks. Satu persatu sistem di terapkan, pertama di mulai dari yang paling krusial. Karena berkaitan dengan manajemen data, maka yang perlu di pastikan adalah bagaimana perusahaan tersebut mengelola informasi yang di terima, apakah ada celah dari bagian keamanan atau tidak. Konsultan ISO 27001 akan memantau dan mendokumentasi seluruh proses, yang nantinya akan di jadikan sebagai report kepada pemilik perusahaan. Proses ini terbilang sangat penting, keberhasilan audit ditentukan dengan kondisi yang ada di perusahaan.

4.Evaluasi Melihat Sejauh Mana Efektivitasnya

Sistem ISO 27001 ini bisa membawa perubahan yang besar terhadap kinerja perusahaan. Sebelum dilakukan audit, maka mereka akan mengecek berbagai hal yang sekiranya perlu di perbaiki. Wajar saja, karena ini menyangkut kebutuhan perusahaan dalam skala besar, maka orang yang terlibat juga banyak. Baik karyawan, staff, atau anggota di dalam industri akan merasakan hal yang sama. Jika semuanya sudah di evaluasi dan di lakukan perbaikan, maka tinggal memantu perubahannya.

5.Pembuatan Sertifikasi ISO, Audit dan Sebagainya

Ya, setelah semuanya sudah memenuhi standar, maka konsultan ISO bisa membuat sertifikasi yang nantinya bisa menjadi bukti fisik. Dokumen ini berisi tentang pernyataan dan beberapa data penting lainnya. Sebagai contoh biasanya perusahaan yang bergerak di bidang layanan hosting akan memberikan informasi kepada pelanggannya bahwa “Perusahaan Kami telah mendapatkan sertifikasi ISO 27001”

Jangan heran, karena pada faktanya tidak semua perusahaan bisa mendapatkan sertifikasi ini, syarat terpenting adalah lolos audit dan menerapkan sistem yang ada. Oleh karena itu, konsultan ISO sendiri memang mempunyai tanggungjawab yang besar.

Kesimpulan

Baiklah itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai peran konsultan ISO 27007: 2013/EIC. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat dan menambah pengetahuan ya. Apabila masih belum menemukan konsultan yang tepat, maka bisa menggunakan bantuan jasaiso.id saja. Kebetulan, Kami adalah perusahaan yang menyediakan jasa konsultan ISO profesional dan terpercaya. Berpengalaman sejak 2012.

Baca juga: Konsultan ISO Terbaik Di Indonesia, Bisa Urus 5 Sertifikasi!

Untuk info pengunaan layanan, silahkan klik logo WA yang ada di pojok kanan bawah. Kami tunggu informasi selanjutnya dari Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa dibantu?