Mencari konsultan ISO memang semakin mudah berkat adanya teknologi internet. Namun, faktanya risiko penipuan juga meningkat tajam. Tanpa memperhatikan dengan teliti layanan yang dipilih Anda bisa saja melakukan kesalahan fatal saat memilih konsultan ISO.
Untuk menghindari risiko yang merugikan, kami akan membagikan tips penting apa saja yang sebaiknya Anda hindari saat mencari konsultan ISO. Simak penjelasan di bawah agar Anda lebih teliti dan paham apa saja yang harus dicek.
5 Kesalahan Ini Wajib Dihindari Saat Mencari Konsultan ISO
Salah satu cara terbaik untuk menghindari risiko penipuan dan semacamnya adalah dengan meningkatkan awareness.
Salah satunya dengan memahami apa saja kesalahan yang perlu dihindari supaya tidak menjadi korban dari praktik konsultan ISO yang tidak jujur atau kurang terpercaya.
Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda pahami:
1. Mengutamakan Biaya Murah dan Mengabaikan Kualitas
Pertama, adalah masalah serius di mana perusahaan mungkin ingin berinisiatif mencari konsultan ISO yang murah tapi ujung-ujungnya Anda melupakan pentingnya kualitas layanan.
Tidak bisa dipungkiri biaya untuk menyelesaikan sertifikasi ISO memang cukup besar. Namun, biaya ini sudah sesuai standar. Perusahaan konsultan yang berpengalaman menentukan biaya dengan memperhitungkan jumlah tenaga kerja, jenis standar yang di sertifikasi, kompleksitas bisnis, dan lain-lain.
Jadi, mengurus sertifikasi ISO sebaiknya jangan fokus ke biaya yang murah tapi perhatikan juga seperti apa kualitas yang diberikan oleh konsultan.
Risiko yang cukup merepotkan jika Anda hanya mengutamakan konsultan dengan biaya murah, maka proses sertifikasi ISO bisa saja sering tertunda atau mengalami masalah lainnya.
Baca juga: Biaya Sertifikasi ISO 9001, Perhatikan Hal Penting Ini
2. Tidak Mengecek Latar Belakang Konsultan
Selain itu, kesalahan lainnya saat memilih konsultan ISO adalah tidak mengecek latar belakang konsultan. Saat Anda bekerja sama dengan perusahaan konsultan, sebaiknya cek dulu latar belakang konsultan.
Apakah benar mereka berpengalaman atau hanya sekadar klaim sepihak? Anda bisa melakukannya dengan meminta company profile badan usaha dan tim konsultan yang mereka miliki.
Informasi seputar gelar dan pencapaian konsultan bisa sangat membantu Anda untuk mempertimbangkan apakah mereka adalah orang yang tepat untuk mengurus sertifikasi ISO.
Tanpa memperhatikan hal ini, maka Anda tidak bisa tahu pengalaman dan pencapaian seperti apa yang pernah dilakukan konsultan. Ini bisa menimbulkan keraguan dan perasaan tidak tenang.
3. Lupa Mengecek Legalitas atau Perizinan
Di Indonesia setiap usaha, tanpa terkecuali termasuk konsultan ISO wajib mempunyai izin atau legalitas. Meskipun standar ISO sendiri bukanlah dokumen atau sertifikat yang diterbitkan pemerintah.
Namun, perusahaan konsultan sebaiknya tetap sudah memiliki izin yang resmi untuk menyediakan layanan konsultansi dan sertifikasi ISO. Kesalahan yang sering terjadi, banyak perusahaan yang tidak mengecek terlebih dahulu informasi jasa konsultan.
Padahal ini merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengetahui status perizinan mereka, maka Anda bisa lebih yakin dan merasa aman saat menggunakan layanannya.
Terlebih lagi kontrak untuk menyelesaikan sertifikasi ISO ini nominalnya tidak sedikit. Ini juga secara tidak langsung menghindari Anda dari risiko penipuan dan jasa konsultan abal-abal.
4. Membayarkan Biaya Besar di Awal Tanpa Kesepakatan yang Jelas
Selanjutnya, pastikan untuk tidak melakukan kesalahan lainnya saat memilih konsultan ISO. Misalnya dengan mentransfer sejumlah uang dalam jumlah besar, sedangkan belum ada kesepakatan dan kontrak yang jelas dengan konsultan.
Sebagai pengguna layanan, Anda harus lebih teliti lagi. Sebelum melakukan pembayaran suatu jasa, pastikan Anda sudah mendapatkan proposal penawaran dan ada kesepakatan yang jelas, perjanjian resmi dengan konsultan.
Meskipun saat ini sebagian proses persiapan untuk memperoleh ISO bisa dilakukan secara online. Anda tetap harus memastikan bahwa pihak konsultan tidak mencoba melakukan penipuan.
5. Konsultan Tidak Memiliki Lokasi Kantor Resmi
Terakhir, ini juga tidak kalah penting. Saat menggunakan jasa konsultan ISO pastikan bahwa mereka mempunyai kantor resmi yang bisa Anda datangi secara langsung atau melakukan pertemuan untuk membahas rencana sertifikasi.
Waspada terhadap konsultan yang tidak mencantumkan alamatnya di website atau informasi kontak. Ini menandakan latar belakang perusahaan yang tidak jelas, kredibilitas yang abu-abu dan mengkhawatirkan.
Perusahaan jasa ISO yang profesional mempunyai lokasi kantor yang terdaftar. Beberapa usaha mungkin menggunakan virtual office. Namun, selagi Anda bisa bertemu langsung dengan tim konsultan maka ini sedikit lebih aman.
Anda bisa mendatanginya jika terjadi sesuatu yang tidak beres terhadap layanan konsultansi atau sertifikasi ISO yang mereka berikan.
Itu dia penjelasan mengenai kesalahan saat memilih konsultan ISO. Kami harap informasi ini bisa menjadi perhatian dan menjaga Anda tetap waspada supaya terhindar dari segala bentuk risiko penipuan.
Jika butuh bantuan, PT Smart Sertifikasi Indonesia bisa membantu. Kami menyediakan layanan sertifikasi ISO 9001, 14001, 27001, dan lain-lain.
Lokasi kantor: Cipayung Green View, Blok A 15, Kel. Cipayung, Jakarta.
Kami juga sudah mempunyai legalitas NIB, akta pendirian, SK Kemenkumham. Anda bisa cek data perusahaan kami di situs resmi pemerintah ahu.go.id. Persiapkan sertifikasi ISO Anda bersama kami!