Skip to content
Home » Blog » Bagaimana Standar ISO untuk Pengelolaan Apartemen?

Bagaimana Standar ISO untuk Pengelolaan Apartemen?

  • by
standar iso apartemen

Sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa apartemen adalah bangunan khusus dengan tingkat tertentu yang diperuntungkan untuk tempat tinggal. Pemilik apartemen umumnya berasal dari bos bisnis yang ingin mendapatkan passive income untuk jangka panjang. Terlepas dari hal itu, kami ingin membahas secara spesifik mengenai teknis pengelolaan apartemen yang baik dengan mengikuti pedoman ISO.

Singkatnya ini semacam standar internasional yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tertentu, memperbaiki regulasi yang ada, dan lain sebagainya.

Untuk penerapan ISO di bisnis apartemen, maka tujuannya adalah meningkatkan kualitas pengelolaan apartemen. Dengan begitu dapat memberikan kepuasan kepada para penghuni apartemen tersebut.

Sertifikasi ISO yang Relevan dengan Bisnis Apartemen

Apartemen termasuk bagian dari properti, sektor usaha ini cukup populer di berbagai negara. Dengan modal yang cukup besar Anda bisa mendapatkan profit stabil melalui passive income penyewaan tempat tinggal tersebut.

iso apartemen

Ada beberapa standard ISO yang kami nilai cukup relevan dengan kebutuhan pengelolaan apartemen. Berikut ini beberapa di antaranya.

  • ISO 9001: Memungkinkan management apartemen yang lebih baik dengan meningkatkan kualitas mutu pelayanan dan aspek mendasar lainnya
  • ISO 37001: Mengurangi risiko terhadap penyuapan dan hal yang bisa merugikan berbagai pihak di bisnis properti
  • ISO 14001: Menunjang keberhasilan penerapan lingkungan apartemen yang sesuai dengan aspek lingkungan hidup untuk keberlanjutan

Dalam kondisi tertentu, ISO 31000: Manajemen Risiko serta standardisasi lainnya juga punya keterkaitan yang cukup tepat dengan pengelolaan apartemen. Terutama jika Anda ingin menyediakan fasilitas tempat tinggal mewah di area perkotaan seperti Jakarta dan sekitarnya.

Keberadaan sertifikasi ISO bisa membuat apartemen lebih kredibel terutama untuk tamu-tamu luar negeri yang ingin tinggal di Indonesia untuk beberapa waktu kedepan.

Tentunya apartemen yang berkualitas diimbangi juga dengan fasilitas serta kenyamanan yang memadai.

Pentingnya Mengikuti Pelatihan ISO Pengelolaan Apartemen

Sebelum mengikuti proses sertifikasi ISO, terlebih dahulu Anda perlu mengecek seberapa baik manajemen internal Anda. Hal ini bisa kita mulai dari bagian yang terkesan sederhana yaitu melalui partisipasi untuk training ISO atau pelatihan.

Mengapa ini begitu penting? Kesuksesan implementasi ISO dipengaruhi karena banyak faktor, salah satu  hal terpentingnya adalah kemampuan internal dan juga awareness mereka dalam memahami penerapan ISO di lingkup pekerjaannya.

Pelatihan ini umumnya disediakan oleh lembaga profesional yang memang berpengalaman di bidangnya.

Konsultan atau para trainer ini nantinya akan membantu perusahaan Anda untuk menjelaskan poin-poin penting mengenai persiapan sebelum sertifikasi, persyaratan dokumen, tindakan preventif, evaluasi audit, dan lain sebagainya.

Pelatihan ini akan menjadi dasar bagian terpenting untuk memastikan tim Anda mampu berkontribusi sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya dalam pengelolaan apartemen properti tersebut.

Manfaat Menerapkan Standar Manajemen untuk Bisnis Properti Apartemen

Setelah mengetahui urgensinya, mari bahas juga soal manfaat yang bisa Anda peroleh apabila berhasil mengimplementasikan ISO di bidang pengelolaan apartemen.

  • Mengurangi risiko: Adanya sertifikasi ISO membuat perusahaan mampu memitigasi risiko. Tindakan ini secara tidak langsung mampu membantu badan usaha untuk mengurangi masalah seperti tuntutan hukum, risiko kecelakaan, dan hal negatif lainnya yang bisa merugikan perusahaan.
  • Unjuk gigi di persaingan properti: bisnis properti seperti apartemen kompetisinya terus bertambah setiap tahunnya. Sertifikasi ISO mampu meningkatkan citra dan kualitas branding dari apartemen tersebut.
  • Peningkatan kualitas: ISO bisa berperan sebagai pedoman. Badan usaha di bidang ini akan lebih mudah untuk mengetahui poin-poin apa yang perlu mereka lengkapi seperti pelayanan, fasilitas yang tersedia, dan pemfokusan pada kepuasan para pelanggan.

Selain itu, adanya proses audit ISO juga bisa mempermudah badan usaha untuk menganalisis adanya keluhan pelanggan dan cara mengatasinya dengan tepat. Pencapaian terbaik dari sertifikasi ISO memang bukan memperoleh sertifikatnya, tapi lebih bertumpu pada bagaimana kemampuan internal Anda dalam menerapkan pedoman standar ISO tertentu.

Baca juga: Sistem Manajemen ISO Terintegrasi dan Manfaatnya

Informasi Pelatihan ISO Pengelolaan Apartemen

Apabila perusahaan Anda memerlukan pendampingan atau solusi mempersiapkan tim sebelum sertifikasi ISO, maka bisa menggunakan layanan khusus jasa pelatihan ISO dari PT Smart Sertifikasi Indonesia.

Training akan dipimpin oleh beliau Bapak Deddy Taufik Hidayat, Ir.MBA,CRP yang telah berpengalaman menjadi konsultan ISO untuk lebih dari 90 klien. Selain itu, beliau juga menjadi senior manager system prosedur di Agung Podomoro Grup. Serta beberapa pencapaian membanggakan lainnya.

Pelatihan akan diadakan 2 hari di ruang training SSI. Adapun untuk biaya pendaftaran pelatihan mulai dari Rp 1.5 juta.

Anda bisa menghubungi admin untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran training ini. Dapatkan e-certificate dan ilmu yang bermanfaat untuk pengelolaan ISO di lingkup management property apartement.

Sekian dan terima kasih, sampai bertemu lagi di tempat training ISO Smart Sertifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa dibantu?