Skip to content
Home » Blog » Urus Sertifikat ISO Untuk Memenangkan Tender!

Urus Sertifikat ISO Untuk Memenangkan Tender!

  • by

Mendapatkan proyek besar dengan keuntungan yang tinggi adalah keinginan setiap pihak. Sayangnya kemenangan tersebut tidak semudah yang di bayangkan. Nyatanya banyak yang masih belum memahami bahwa untuk bisa memenangkan tender Anda perlu melakukan persiapan yang matang. Persaingan semakin ketat, apabila perusahaan tidak mampu memenuhi standar dan kriteria yang ada, maka tentu saja akan mudah di kalahkan.

Salah satu aspek yang mempengaruhi keberhasilan tender pada era modern seperti sekarang ternyata adalah sertifikat ISO. Ya, inilah bagian yang seringkali Anda lupa, karena menganggap dokumen tersebut hanya untuk perusahaan besar saja. Padahal, secara umum, apabila perusahaan mampu memenuhi standar sertifikat pada bidang tertentu, maka potensi keberhasilan lebih tinggi.

Mengapa demikian?

Cukup sederhana, orang yang hendak menyewa kontraktor biasanya akan melihat terlebih dahulu bagaimana kualitas mereka, tingkat profesionalitas, berapa lama pengalaman mereka di bidang yang sama, jaminan apa saja yang mampu di berikan, dan lain sebagainya.

Sertifikat ISO ini bidangnya beragam, ada yang fokus pada manajemen data, keselamatan kerja, manajemen pengelolaan pangan, dan masih banyak lagi. Kita akan mencoba untuk membongkar bagaimana analisis urgensi kepemilikan sertifikat ISO untuk perusahaan yang ingin memenangkan tender.

3 Alasan Kenapa Anda Perlu Mengurus Sertifikat ISO Untuk Tender

Anda akan bersaing untuk mendapatkan proyek besar dengan keuntungan jutaan bahkan miliaran. Jangan sampai klien Anda menganggap kontraktor tidak profesional karena mengabaikan standardiasasi. Berikut ini beberapa pertimbangan yang akan membuat Anda lebih sadar mengenai keunggulan sertifikat ISO.

1. Syarat Untuk Mengikuti Tender Internasional

Proyek yang modalnya dari pihak luar negeri biasanya mempunyai potensi profit sangat besar. Meskipun demikian mereka tidak main-main dalam memilih pekerja. Sangat selektif, semua aspek di cek. Tidak hanya pengalaman Anda yang di ucapkan lewat lisan. Melainkan, mereka butuh bukti bahwa perusahaan Anda mempunyai jaminan terbaik, yakni kepemikikan sertifikat ISO.

Ya, mereka dari luar negeri, jadi kegunaan ISO lebih penting daripada yang pernah kalian bayangkan. Di negara lain standar internasional menjadi acuan yang paling kuat untuk menandakan apakah kontraktor tersebut kompeten atau tidak dalam menjalankan pekerjaannya.

Mereka juga akan menanyakan SOP apa saja yang di tetapkan, apakah mempunyai jaminan safety yang sudah di cek secara berkala atau belum. Jadi, masih mau mengabaikan sertifikat ISO jika sudah seperti ini kondisinya?

Jangan sampai tertinggal oleh kompetitor Anda, mungkin di masa mendatang ISO menjadi salah satu persyaratan mutlak untuk mengikuti tender.

2. Penilaian Kualitas dan Hasil Proyek

Orang yang hendak menggunakan kontraktor tidak melihat pada apa yang Anda bicarakan, melainkan melalui bukti yang nyata. Sertifikat ISO 9001 adalah salah satu yang paling banyak di pilih diperhatikan pertama kali. Karena, pada sistem ini mencakup bagaimana perusahaan menjamin manajemen mutu dan kualitas jasa yang mereka tawarkan. Sebagian besar pemilik tender tidak akan berpikir dua kali untuk memilih Anda apabila sudah mempunyai sertifikat ini.

Namun, perlu di pahami selain ISO 9001, masih ada jenis lainnya yang di khususkan pada bidang tertentu. Sebagai contoh untuk perusahaan yang mengelola data pelanggan secara digital fintech, pengelolaan hosting, dan data centre lainya maka perlu mempunyai ISO 27001.

3. Memastikan Terpercaya atau Trusted

Persoalan ketiga yang tidak kalah penting. Mengingat tidak semua perusahaan dapat mengurus sertifikat ISO, jadi apabila Anda berhasil memiliknya, dan menerapkan sistem yang ada secara efektif, maka secara tidak langsung para pemilik tender akan menggolongkan Anda sebagai perusahaan yang terpercaya. Jika sudah mendapatkan poin tersebut, maka sisanya hanya bergantung pada kualitas dan portofolio proyek yang pernah Anda kerjakan.

Sama seperti sebelumnya , yang masih menjadi patokan minimal ISO 9001:2015, tidak ada lagi keraguan yang dimiliki oleh penyelenggara jika Anda sudah mempunyai sertifikat ISO tersebut. Seperti yang kalian ketahui implementasi regulasi dan kebijakan yang terdapat pada sistem ini juga tidak bisa di terapkan dalam waktu yang singkat. Mereka akan memahami perusahaan yang sudah berhasil mendapatkan ISO pasti pengalamannya sudah lama, dan mampu mengelola proyek dengan sebaik-baiknya.

Namun pastikan sertifikat ISO Anda sudah teruji, silahkan cek keaslian sertifikat ISO untuk mencegah hal yang tidak di inginkan.

Kesimpulan

Baiklah itu dia beberapa poin penting yang harus kalian ketahui mengenai pentingnya peran sertifikat ISO sebagai penunjang memenangkan tender. Semoga dengan adanya informasi ini Anda tidak lagi ragu apalagi sampai berpikir dua kali untuk mengurus sertifikat ISO.

Apabila sekiranya membutuhkan bantuan maka, bisa menggunakan layanan jasaiso.id, perusahaan konsultan dan pengurusan sertifikat ISO. Kami menyediakan 5 sertifikat yang bisa di urus dalam satu layanan. Tersedia juga jasa iso 9001 yang sering menjadi landasan paling awal sebelum mengurus sertifikat ISO lainnya. Dapatkan konsultasi secara gratis bersama tim profesional sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa dibantu?