Lompat ke konten
Home » Blog » Ini Jasa Sertifikasi ISO 20000 Profesional dan Kompeten

Ini Jasa Sertifikasi ISO 20000 Profesional dan Kompeten

  • oleh
jasa sertifikasi iso 20000

Perusahaan Anda bergerak di bidang Informasi dan Teknologi? Jika iya, kami sangat merekomendasikan untuk mempersiapkan sertifikasi ISO 20000-1. Standar ini telah dirancang khusus untuk membantu badan usaha yang bergerak di sektor tersebut.

Mengusahakan upaya perbaikan dari segi manajemen maupun penyediaan layanan kepada pelanggan. Secara umum ada keterkaitan yang cukup besar antara ISO 20000 dan ISO 27001, nanti akan kami bahas lebih lengkap di bawah. Namun, sebelum itu mari kita cari tahu lebih dalam apa itu ISO 20000?

Apa Itu ISO 20000?

ISO/IEC 20000-1 adalah ISO yang berkaitan dengan manajemen layanan IT untuk perusahaan yang bergerak di bisnis terkait. Standar ini menjadi pedoman bagi badan usaha untuk mengelola sistem informasi dan teknologi dengan lebih baik, aman, dan terstruktur guna mempermudah penggunaan dan keamanan dari segi data.

Komponen IT merujuk pada beberapa aspek termasuk perangkat keras, perangkat lunak, komunikasi, dan dukungan. Di era yang modern seperti sekarang ini peran dari sertifikasi ISO 20000 sangatlah relevan.

Untuk menjadi badan usaha yang kredibel dan profesional, maka ISO manajemen IT bisa menjadi standar pedoman mempersiapkan setiap checklist yang dibutuhkan dengan lebih terencana.

Manfaat dan Benefit Penerapan ISO 20000

ISO 20000-1 dan ISO 20000 pada dasarnya sama, hanya beda penyebutan saja. Standar ini bisa memberikan benefit yang besar bagi perusahaan apabila mampu menerapkan standar tersebut dengan efektif dan tepat. Berikut ini beberapa nilai lebihnya:

1. Mendorong Reputasi dan Kredibilitas Bisnis

Pertama, apabila perusahaan Anda telah memperoleh ISO 20000, maka Anda dan tim dianggap mempunyai pemahaman dan manajemen IT yang baik sesuai dengan standar internasional. Sertifikat ini telah diakui oleh banyak negara, organisasi IT telah cukup lama menerapkannya.

Pengakuan standar internasional, akan sejalan dengan bertambahnya reputasi dan kredibilitas usaha. Ini membuat Anda bisa bersaing dengan perusahaan lainnya.

Tentu hal ini tidak terjadi secara instan, melainkan dibutuhkan proses untuk mempersiapkan semuanya dari segi tenaga kerja, penetapan standar operasional, regulasi, dan lain-lain.

Karena manajemen IT merupakan hal yang sifatnya kesatuan, ada banyak aspek yang mempengaruhi kualitasnya.

2. Menaikkan Level Kepuasan Pelanggan

Apa yang menjadi faktor kepuasan pelanggan? Responsif, layanan yang profesional, dan sebagainya. Menjadi perusahaan yang bergerak di manajemen IT membuat Anda perlu memberikan solusi dan kemudahan yang dibutuhkan oleh pelanggan.

ISO manajemen IT bisa membantu Anda untuk mencapai titik tersebut yaitu dengan memperhatikan prosedur, penentuan kebijakan dan kesiapan dari segi fasilitas dan ketersediaan sistem yang memadai.

Standar ISO tersebut akan membantu karyawan untuk memastikan mereka memenuhi tugas dan kewajiban, sehingga dapat bekerja secara lebih optimal memenuhi apa yang telah diharapkan oleh pelanggan.

3. Menghemat Biaya dan Operasional

Melalui adanya penerapan standar yang baik, ISO 22000 terimplementasikan dengan tepat bisa menjadi upaya perbaikan berkelanjutan. Mengatasi berbagai kendala dan problem termasuk pemborosan dari segi biaya selama menerapkan manajemen IT di lingkungan perusahaan.

Namun tentunya hal ini juga membutuhkan proses dan tidak bisa secara langsung terlihat hasilnya. Namun, ini akan terasa untuk jangka panjang beberapa tahun ke depan.

Perusahaan dengan manajemen IT yang baik dan ditingkatkan, tentu akan memperoleh keuntungan yang besar.

Baca juga: Ini Manfaat Sertifikasi ISO untuk Perusahaan Keuangan dan Asuransi

Jasa Pengurusan ISO 20000 Terakreditasi di Indonesia

PT Smart Sertifikasi Indonesia menyediakan jasa sertifikasi ISO untuk perusahaan. Salah satu layanan yang kami sediakan adalah ISO manajemen IT dan ISMS ISO 27001 keduanya relevan untuk bisnis Anda.

Badan usaha yang bergerak di bidang teknologi dan informasi mempunyai risiko yang cukup besar dari sisi pengelolaan data dan keamanannya. Tanpa adanya standar yang tepat maka besar kemungkinan Anda akan kesulitan untuk mengatur setiap bagian yang ada.

Dengan bantuan dari konsultan ISO, kami akan mengarahkan perusahaan dan tim internal untuk bisa tersertifikasi ISO manajemen IT. Berpengalaman selama bertahun-tahun di bidangnya, Smart Sertifikasi telah membantu lebih dari 50+ perusahaan untuk bisa memperoleh sertifikat yang mereka butuhkan.

Apa Kaitan Antara ISO 20000 dan ISO 27001?

Keduanya berada di lingkup yang sama yaitu teknologi dan informasi digital. Meskipun fokusnya berbeda, ISO 20000 lebih mengarah pada manajemen sedangkan ISO 27001 adalah keamanan data atau information safety.

Perusahaan Anda bisa memilih standar ISO mana yang ingin dipersiapkan terlebih dahulu menyesuaikan dengan urgensinya. Apabila bingung, silahkan tanyakan saja kepada tim kami nanti akan dibantu untuk analisis penyesuaian sertifikasi ISO apa yang harus diutamakan untuk perusahaan Anda.

Selain itu, untuk mempersiapkan dengan lebih baik pastikan juga tim dan karyawan Anda telah mengikuti training ISO 20000 guna mempersiapkan awareness atau kesadaran serta pemahaman mendasar mengenai standar ISO tersebut.

Akhir kata, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Salam sukses untuk bisnis yang Anda jalankan, mari perbaiki kualitas manajemen IT bersama jasa sertifikasi ISO 20000!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?